5 Besar Merek Smartphone di Indonesia, Punya Kamu Peringkat Berapa?

Angka penggunaan smartphone semakin mengalami perkembangan di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi┬áRepublik Indonesia (ristektidkti), smartphone telah digunakan oleh 16 juta 250 ribu pengguna di Indonesia sejak januari 2017. Angka ini tentunya akan terus meningkat seiring dengan peluncuran berbagai smartphone canggih masa kini. Bila dikalkulasikan, seperempat dari total penduduk Indonesia telah memiliki smartphone nya masing-masing. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya smartphone bisa dibeli dengan harga terjangkau, tuntutan zaman, dan smartphone sebagai kebutuhan. Kamu sendiri termasuk ke golongan yang mana? Mimin sih termasuk ke golongan orang ketiga, tak bisa dipisahkan dengan smartphone ­čśÇ

Smartphone Terlaris di Indonesia 2017

Berbagai merek unggulan terus bersaing dengan mengembangkan fitur canggih pada masing-masing perangkat. Sehingga angka penjualan smartphone mengalami persaingan yang ketat. IDC merilis daftar merek smartphone yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2017. Berikut daftarnya:

  1. SAMSUNG
    Peringkat pertama tahun ini merupakan juara bertahan tahun lalu, siapa lagi kalau bukan samsung. Produk negeri ginseng ini meraih torehan sebesar 30% penggunaan di wilayah Indonesia. Tak heran bila samsung mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia karena brand ini diyakini sebagai smartphone yang tahan banting dari segi hardware maupun software didalamnya. Apalagi belakangan ini samsung baru saja mengeluarkan beberapa produk unggulannya seperti samsung S8, samsung S8+, dan Samsung galaxy note 8. Produk samsung diketahui sebagai brand yang gencar melakukan pembaruan dan peningkatan performa pada smartphone mereka. Bila kamu menginginkan smartphone yang terkesan elegan dan mempunyai fitur yang canggih, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih produk smartphone samsung keluaran terbaru. Semua produk keluaran samsung bisa dikatakan mendekati sempurna. Maka tak heran bila merek ini mendapatkan kepercayaan yang tinggi di masyarakat Indonesia.

    Baca Juga: Urutan Versi Android dari Awal sampai Oreo

  2. OPPO
    Dibawah samsung, ada smartphone keluaran dari Dongguan, China. Oppo dikenal sebagai produk smartphone yang gencar melakukan periklanan di Indonesia. Banyak artis-artis terkenal Indonesia yang menjadi bintang iklan produk Oppo, sebut saja Deddy Corbuzier. Dalam perolehan presentase, oppo memiliki nilai sebesar 25,5% pengguna di Indonesia. Berdasarkan pantauan kami, oppo mengusung smartphone dengan pembekalan multimedia yang sangat kompleks didalamnya. Jika kamu sebagai selebgram, maka Oppo bisa menjadi salah satu pilihan. Karena ia menawarkan kamera yang apik dan berbagai aplikasi multimedia canggih lainnya. Namun apabila kamu sebagai seorang penggila teknologi yang ingin terus mengikuti perkembangan android, smartphone ini sama sekali tidak direkomendasikan. Oppo tidak melakukan pembaruan OS pada smartphone nya. Maka jangan heran bila kamu menggunakan smartphone yang bawaan android marshmellow, tidak pernah mendapatkan pembaruan ke Android Nougat.
  3. ADVAN
    Kita boleh berbangga karena Advan adalah satu-satunya produk Indonesia yang masuk 5 besar merek smartphone terlaris tahun ini. Mencapai 8,3% pengguna dan bertengger di peringkat 3 smartphone terlaris. Bersaing dengan produk unggulan lainnya, Advan terus mengalami peningkatan penjualan sepanjang tahun 2017. Digadang sebagai smartphone anti mainstream di ranah teknologi, Advan memiliki fitur sistem protector yang susah untuk dihancurkan.

    statistik pengguna smartphone

    Infografis pengguna smartphone berdasarkan merek di Indonesia

  4. VIVO
    Pada posisi keempat, Vivo meraih angka pengguna sebanyak 7,5%. Produk dari China ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2014. Tak butuh waktu lama, Vivo berhasil masuk di jajaran 5 besar smartphone terlaris di Indonesia. CEO vivo di Indonesia, Duran Dong mengklaim bahwa Vivo tak hanya sebagai smartphone pada umumnya, melainkan produk mereka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan generasi muda, target mereka merupakan generasi millennial yang haus akan teknologi.
  5. XIAOMI
    Xiaomi yang sempat diragukan semenjak awal kemunculannya di Indonesia ternyata masuk ke salah satu smartphone terlaris. Banyak orang mengira harga murah yang diusung xiaomi memiliki performa yang buruk. Ternyata anggapan ini salah, xiaomi muncul sebagai salah satu produk unggulan dalam hal performa dan memiliki spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Angka 5,2% berhasil diraih xiaomi untuk memikat pengguna smartphone di Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan data statistik penggunaan smartphone berdasarkan merek, Indonesia memiliki pengguna smartphone yang terus mengalami peningkatan. Ada 3 produk keluaran China yang berhasil masuk ke 5 besar merek smartphone terlaris, diantaranya oppo, vivo, dan xiaomi. Sedangkan untuk produk dalam negeri, Advan berhasil meraih peringkat 3. Bila dibandingkan dengan statistik tahun 2016, samsung merupakan smartphone yang masih mendapatakan kepercayaan penuh di hati masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan tingginya angka penjualan smartphone samsung di nusantara.

Related Posts

Add Comment