Inilah Akibat Jatuh Cinta dengan Gadis Aceh

Aceh sebagai dikenal dengan daerah syariat islam juga dikenal  dengan adat istiadat yang  tidak kalah luar biasa dengan daerah lain. Yuk, mengintip aceh sejenak dalam prosesi perkawinan menjadi salah satu adat perkawinan termahal di Indonesia.

Tapi disini saya tertarik untuk mengupas sedikit prosesi atau tahapan yang harus di lalui bagi calon pengantin di aceh bagian barat-selatan.  Sebagian masyarakat sudah mengetahui tetapi disini ingin berbagi cerita. Mahar yang disiapkan cukup menguras isi dompet keluarga calon pengantin apalagi pengantin laki-laki (linto).

Makna bobot bibit dan bebet sangat terasa di daerah ini. Karna pihak keluarga memiliki standard  dan pemahaman mutlak yang susah untuk negosiasi sebab ini menyangkut masa depan dan  untuk melepas lajang untuk calon pengantin. Keluarga  Pengantin laki-laki (linto) harus siap menerima berapa mahar yang di katakana oleh pihak perempuan agar pinangan nya di terima.

Salah satu yang menarik di Aceh bagian barat-selatan untuk melamar dengan logam mulia atau emas. Mahar ditawarkan berdasarkan tingkat pendidikan calon pengantin perempuan. Semakin tinggi pendidikan semakin tinggi pula mahar yang harus di berikan. Dalam proses ini dikenal dengan “ek ranuep”.

mahar acehBukan di bagian mahar saja yang sangat menguras isi dompet karna masih ada aneka ragam atau pernak-pernik yang wajib ada dengan budget yang tidak sedikit. Setidaknya hantaran yang harus di bawa sampai 10 sampai 15 talam dengan tuduk yang sudah berhias dalamnya berisi  mulai dari pakaian dalam hingga luar, alat kecantikan dengan berbagai macam, kue  tradisional khas Aceh dan masih banyak lagi dengan berbagai macam ketentuan didalamnya.

Masih ada juga pengeluaran yang luar biasa terletak untuk menyediakan hidang makanan untuk mempelai wanita dan untuk tamu undangan. Selain itu 1 minggu sebelum acara resepsi pihak keluarga juga sudah disibukkan persiapan dari duek pakat keluarga, duek pakat gampong sehingga pihak keluarga sudah harus merebahkan hewan kerbau, sapi, ayam dan lain lain untuk kebutuhan dihari itu.

Bila kita ingat harga hewan ini di Aceh termasuk tertinggi di bandingkan di daerah lain. Berbagai bahan masakan  ikan dan ayam terhidang elok di tempat yang telah disediakan. Dari rujak, cendol. Es buah dan masih banyak lagi.

Hal yang unik yang mungkin tidak pernah  ada di daerah lain. Khusus untuk menyambut mempelai wanita pihak laki-laki menyediakan hidangan istemewa nan eklusif yang disebut “idang melapeh” atau hidangan melapis. Idang melapeh ini melambangakan  sebagai standar penghormatan bagi kelaurga besan.

Related Posts

Add Comment