Inilah 5 Situs Penyedia Blog Gratis Terbaik 2018

Aktivitas menulis tidak bisa dipandang dengan sebelah mata dewasa ini. Profesi penulis sangat dihargai dan terjamin masa depannya. Lalu bagaimana jika menulis di blog? Apakah masa depan suram? Siapa yang akan bayar tulisan-tulisan kita di blog? Well, disini agen rameune akan menjawabnya untuk kamu. Sekarang kamu buka tab baru di browser, ketikkan “biografi linda ikeji”. Setelah selesai membaca biografinya, silakan kembali ke blog ini.

Nah sudah tahu siapa Linda Ikeji? Singkatnya ia adalah blogger asal Nigeria yang mulai menulis sejak tahun 2003. Bermodalkan dari blog gratis, ikeji bisa menghasilkan jutaan rupiah bahkan miliaran rupiah perbulannya. Ia mendapat bayaran fantastis dari jasa iklan google adsense dan iklan dari berbagai perusahaan ternama lainnya. Bukan perjuangan yang mudah, sejak mulai ngeblog dari tahun 2003, baru pada tahun 2010 Linda Ikeji mulai mendapatkan pembayaran.

Jika kamu penasaran apa yang dia posting sehingga menghasilkan duit segunung, silakan intip langsung di blog linda ikeji.

Apa platform yang ia gunakan? Ya, dia menggunakan salah satu platform blog gratis yang akan kita bahas, blogger. Tidak perlu menginvestasikan modal besar untuk menghasilkan uang dari blog. Kamu hanya perlu menuangkan karya-karya original didalamnya. Jika blogging kamu jadikan sebagai hobi maka uang akan mengikuti kamu. Yakinlah!

Namun untuk meraih itu semua diperlukan konsistensi yang tinggi dan sifat pantang menyerah. Jika kamu sudah nonton film “Rebel in the Rye” kamu bakalan tahu perjuangan seorang penulis novel fenomenal yang berjudul “Catcher in the Rye”. J.D. Salinger adalah penulis yang tidak kenal lelah. Meski tulisannya ditolak beberapa kali oleh penerbit, dia tetap meneruskan untuk tetap berada di depan mesin ketik seorang diri. Melanjutkan tulisannya dan merivis bagian yang dianggap kurang menarik.

Terlebih lagi ketika ia diwajibkan ikut perang oleh negaranya, ia tetap menulis meskipun dalam keadaan jiwanya terganggu karena stress peperangan. Bahkan ketika tangannya terasa kaku untuk digerakkan, ia tetap melanjutkan menulis cerita tokoh “Holden Caulfield” tersebut dengan cara mengingatnya dalam hati. Hasilnya? Novel J.D. Salinger menjadi populer sehingga terjual lebih dari 65 juta kopi dan memiliki versi terjemahan ke dalam 30 bahasa.

Bayangkan J.D. Salinger dengan referensi yang terbatas pada zaman dahulu, tapi ia bisa menghasilkan mahakarya yang luar biasa. Kita sekarang di zaman yang semakin maju harusnya bisa lebih menghasilkan dikarenakan referensi bertebaran dimana-mana. Tidak perlu beranjak dari tempat tidur, kamu bakalan menemukan pustaka di layar smartphone. Ayo lahirkan J.D. Salinger zaman now!

Sudah cukup kan motivasinya? Nah saat niat untuk membuat blog sudah terkumpul, kamu bingung ketika akan memilih wadah untuk menampung tulisan-tulisan kamu? Ulasan berikut akan membantu kamu menemukan situs yang tepat untuk membuat blog secara gratis.

  1. WordPresscara buat blog gratis di wordpress

Sempurna! Satu kata yang tepat untuk menggambarkan layanan dan fitur yang diberikan oleh WordPress. Eits tunggu dulu, ini menurut saya loh. Bukan suatu fakta yang bisa dipertahankan kebenarannya ya. Opini ini saya utarakan karena saya sudah sangat nyaman dengan platform wordpress. Blog yang sedang kamu kunjumgi ini juga menggunakan CMS wordpress. Setelan dari bawaan template bisa digunakan untuk proses kustom blog.

Jika kamu ahli dalam bidang koding, maka text editor bisa kamu gunakan untuk mendesain dan kustom wordpress tanpa batas. Selain mudah untuk langkah kustomisasi, saya rasa WP sangat simpel untuk digunakan dan plugin yang tersedia memudahkan para blogger untuk mengelola blog. Fitur plugin ini cuma dimiliki oleh wordpress.

Hal ini juga menjadikan wordpress lebih unggul dari platform lainnya. Akan tetapi kamu tidak akan menemukan fitur drag and drop pada platform wordpress seperti kebanyakan layanan lainnya. Blog yang kamu daftarkan akan memiliki domain dengan tambahan ekstensi wordpress didepannya, yaitu www.namadomain.wordpress.com.

Jika kamu tidak ingin ada ekstensi wordpress pada alamat blog, maka kamu bisa berlangganan ke self-hosted dan membayar domain yang kamu inginkan. Selain bisa membuang ekstensi tersebut, kamu juga akan disuguhkan dengan fitur yang lebih powerful dan tidak terbatas dari layanan platform ini. Segera upgrade ya!

Mulai ngeblog di WordPress

  1. Bloggercara buat blog gratis di blogger

Seperti yang sudah saya utarakan tadi, platform gratis tidak selamanya menyediakan  layanan terbatas. Platform ini sendiri dikelola oleh Google, tentunya lebih mudah diintegrasikan dengan produk google lainnya seperti google adsense, google drive, google analytics, dan layanan google lainnya. Blogger sangat cocok untuk pemula yang ingin mendalami blog lebih dalam. Pengguna tidak diharuskan untuk kustomisasi template secara mendalam, google telah menyediakan template gratis yang responsif untuk layar desktop dan smartphone.

Namun apabila kamu ingin mendesain tema sendiri tanpa batas, blogger juga menyediakan fitur tema yang bisa di edit dengan menggunakan Bahasa pemograman html. Perlu diketahui bahwa, untuk mengupload gambar dan media lainnya, blogger menggunakan space pada akun google drive kamu, sebesar 15GB yang diberikan gratis pada layanan google drive.

Kamu juga bisa melihat daftar sumber pengunjung blog pada menu statistik dashboard. Salah satu kekurangan dari blogger adalah adanya spam yang akan muncul pada form komentar tanpa adanya izin dari pengelola blog terlebih dahulu. Namun maalah ini dapat diatasi dengan cara memfilter komentar yang dianggap spam pada menu dashboard blogger.

Sama halnya dengan wordpress, bila kamu mendaftar blog di blogger, maka penamaan domain juga akan ditambahkan ekstensi didepannya, yaitu namadomain.blogspot.com. Untuk menghilangkan ekstensi ini, kamu tidak perlu berlangganan hosting, namun cukup denngan membeli domain saja karena disini kita menggunakan hosting google.

Bagi kamu yang ingin menghasilkan uang dari monetisasi iklan, kamu bisa mendaftarkan blog pada menu penghasilan. Layanan ini disediakan oleh Google sendiri untuk terhubung ke google adsense. Namun untuk diterima google adsense tidak mudah seperti mebalikkan hati ke gebetan 😛

Jadi bisa dibilang blogger sudah cukup bagi kamu yang ingin ngeblog tanpa mengeluarkan biaya lebih. Lagipula blogger terintegrasi dengan produk google sehingga fitur dan space yang digunakan begitu besar namun teta terbatas.

Mulai ngeblog di Blogger

  1. Wix

Jujur saya belum pernah menggunakan wix untuk ngeblog. Awalnya saya tahu wix dari facebook dan iklan di youtube. Ketika saya menelusuri lebih lanjut tentang wix, saya berpikir untuk memasukkannya ke dalam 5 situs terbaik untuk ngeblog secara gratis. Selain mudah digunakan, fitur istimewa dari wix yang tidak dimiliki platform lainnya adalah bisa mengimport gambar secara gratis dari partner resminya, Bigstock. Selain dari bigstock, kamu juga tetap dapat memasukkan gambar dari library kamu atau yang bersumber dari social media yang disediakan oleh wix.

Ketika membuat akun, kamu dihadapkan dengan beberapa daftar kategori, pilih opsi blog untuk memulai menulis. Proses kustom template ada 2 pilihan di wix, yaitu Wix ADI (Artificial Design Intelligence) dan Wix Editor. Bagi kamu yang tidak ingin ribet bisa memilih Wix ADI untuk mendesain blog. Nah bagi kamu yang mengerti koding pilih Wix Editor untuk mendesain tema blog sesuai dengan selera kamu dan karaktermu sendiri. Bagi pengguna gratis, wix membatasi kapasitas media sebesar 500MB/bulan. Space sebesar ini sudah tergolong cukup bagi pemula.

Mulai ngeblog di Wix

  1. Weebly

Hampir sama dengan beberapa platform di atas, weebly menawarkan kamu untuk menjadi blogger professional. Fitur drag and drop menjadikan salah satu weebly unggul dalam proses desain. Weebly menyediakan template elegan bagi pengguna yang telah mendaftar, dan tentunya gratis. Pada saat akan membuat postingan, kamu dapat memasukkan gambar, map, dan bisa langsung berbagi ke sosial media dalam waktu yang singkat.

Jangan khawatir bagi kamu yang ingin menjadikan tampilan weebly lebih profesional, text editor juga tersedia disini. Untuk melacak sumber trafik pengunjung, kamu bisa menghubungkan dengan akun google analytics yang terdapat pada menu weebly. Fitur spesial dari weebly yag tidak dimiliki platform lain adalah draft rahasia, Apa yang membedakan draft ini dengan draft lainnya?

Kamu bisa mengirimkan draft tulisan kamu ke email teman terkebih dahulu sebellum menerbitkannya, hal ini berguna untuk merevisi tulisan yang telah kamu buat. Kekurangan dari weebly sendiri adanya batasan space yaitu sebesar 500MB/bulan. Bagi kamu yang ingin mendapatkan kapasitas konten yang lebih maka diharuskan untuk mengupgrade ke versi premium.

Pihak weebly juga akan menampilkan iklan mereka pada bagian footer blog kamu, tapi hal ini sama sekali tidak akan menutupi konten kamu dan tidak akan memperberat loading blog yang telah kamu buat.

Mulai ngeblog di Weebly

  1. Penzucara buat blog gratis di penzu

Berbeda dengan kebanyakan situs penyedia blog gratis lainnya, penzu justru muncul dengan anti mainstream. Jika platform lain berfungsi untuk menampilkan tulisan agar dibaca banyak orang, maka penzu merahasiakan tulisan kamu. Tulisan yang telah kamu buat benar-benar terjamin secara privasi. Setelah login, kamu diwajibkan untuk membuat password apabila ingin menerbitkan atau mengedit tulisan. Dengan kata lain, penzu menawarkan buku diari kepada penggunanya. Lalu mengapa penzu masuk ke salah satu situs terbaik untuk ngeblog? Karena ia anti mainstream, tidak mengutamakan penampilan melainkan fungsinya yang powerful dalam menjaga kerahasiaan tulisan kamu.

Mulai ngeblog di Penzu

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari situs penyedia blog gratis diatas, sudah tahu kan kamu mau ngeblog di platform apa? Sederhana saja, kamu harus mengetahui kebutuhan kamu seperti apa dalam membuat blog. Jika kamu seorang fotografer dan ingin membuat blog tentang fotografi, maka Wix dan Weebly bukanlah platform yang bisa kamu andalkan.Bagi kamu yang ingin membuat buku diari secara online dan hanya kamu yang akan membacanya, maka penzu adalah tempat kamu.

Bagi pemula tidak dianjurkan mengeluarkan biaya untuk keperluan hosting dan domain. Linda ikeji aja dulunya juga menggunakan layanan platform blog gratis dan tema gratis tanpa tampilan desain yang profesional. Kesimpulannya adalah dimanapun situs yang akan kamu gunakan untuk ngeblog, hal terpenting dari blog itu sendiri adalah kualitas konten, teruslah menulis tanpa kenal lelah layaknya J.D. Salinger. Cara buat blog gratis ini sangat cocok diterapkan bagi pemula di tahun 2018.

Punya situs terbaik lainnya untuk ngeblog  gratis? Bagikan di kolom komentar ya!

sumber: Techradar

Related Posts

Add Comment