Hindari Error! Begini Cara Update Driver Windows yang Baik dan Benar

Bila kamu pengguna setia windows pasti sudah akrab dengan istilah “driver”. Bukan driver gojek ya! ūüėõ Nah driver ini salah satu komponen penting dalam suatu sistem operasi. Setiap OS membutuhkan driver agar bisa menjalankan fungsi hardware dengan mulus. Layaknya suatu perusahaan (dalam hal ini windows), agar perusahaan tersebut bisa mencapai visi dan misinya dibutuhkan berbagai tingkat tenaga kerja didalamnya yang mengerti betul akan kebutuhan perusahaan. Direktur, Bendahara, Sekretaris, dan karyawan berkoordinasi didalamnya agar perusahaan tersebut maju.

Begitu juga halnya dengan Windows, untuk menjalankan semua fungsi hardware pada setiap os yang terinstall windows dibutuhkan driver. Waduh saya jadi bingung bagaimana menjelaskan ini dengan tepat. Intinya begini, jika windows itu diibaratkan dengan suatu perusahaan, maka driver adalah tenaga kerja yang terdapat didalamnya. Jangan terlalu dipikirkan definisi dari driver, yang penting kita bisa memaksimalkan fungsinya secara maksimal pada laptop kesayangan.

Cara update driver windows pada artikel ini akan kita terapkan pada¬† OS Windows 10. Namun metode ini juga berlaku pada OS windows 7, windows 8, dan windows 8.1. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperbarui driver windows secara baik dan benar agar tidak terjadi error. “Loh kalo error emang kenapa? Kan bisa cari driver lain yang cocok”.

Jadi gini gan, saya sudah pernah mengalami error yang tidak wajar pada saat menginstall driver. Hal ini saya alami pada beberapa OS windows. Jika kita salah menginstall driver VGA (kartu grafis) bukan tidak mungkin layar laptop kita bakalan blank. Salah versi dalam menginstall driver WLAN (jaringan) maka kamu tidak bakalan bisa terhubung ke wifi tetangga.

Begitu juga dengan driver lainnya, pernahkah kamu mengalami audio yang tidak berfungsi pada windows? Nah ini juga disebabkan oleh driver yang tidak cocok atau not compatible driver. Masih banyak driver lainnya yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan kinerja hardware pada windows yang sudah terinstall di laptop kesayangan.

Cara Update Driver Windows melalui Device Manager

Ada 2 cara update driver yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan fitur device manager, yaitu cara otomatis dan cara manual.

Cara otomatis update driver melalui device manager

Poin pertama untuk memasang atau memperbarui driver yang belum terinstall pada windows dapat kita lakukan dengan sangat mudah. Metode ini membutuhkan koneksi internet untuk melakukan proses penginstalan. Lalu bagaimana jika kita belum memiliki Driver WLAN (jaringan)? Tenang masalah ini akan kita kupas dibawah secara tuntas. Pahami artikel tutorial ini sampai selesai ya!

Oke hal penting pertama pastikan kamu sudah terhubung dengan koneksi internet. Perhatikan step dibawah ini untuk melakukan pemasangan driver.

    1. Buka Start
    2. Ketikkan Device Manager pada kolom pencarian windows
    3. Buka Driver yang ingin kamu update
    4. Klik kanan lalu pilih Update drivercara update driver windows melalui device manager
    5. Lalu pilih Search automatically for updated driver softwareCara otomatis update driver melalui device manager
    6. Selesai

Perlu diketahui bahwa, meskipun disini tertulis opsi update driver, namun cara ini juga dapat diterapkan untuk menginstall driver yang belum pernah terpasang sebelumnya. Sangat mudah bukan? Namun metode ini bisa dibilang untung-untungan, mengapa demikian? Cara ini akan berjalan 100% pada perangkat laptop yang menggunakan hardware driver terbaru. Sederhananya begini, bagi kamu pengguna laptop keluaran jadul, cara ini kecil kemungkinan untuk berhasil memperbarui windows. Beruntung bagi kamu yang memiliki laptop atau PC keluaran terbaru. Ini menurut penulis ya, bukan teori yang sebenarnya loh. Jika kamu memiliki penjelasan logis lainnya silakan isi kolom komentar di bawah.

Cara manual update driver melalui device manager

Update driver windows secara manual adalah opsi yang sangat saya anjurkan bagi kalian pengguna OS selain windows 10. Metode ini sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet selama proses pembaruan driver. Lalu bagaimana caranya? Kamu harus mendownload terlebih dahulu driver yang kamu butuhkan. Saya telah menjabarkan link dibawah ini berdasarkan brand laptop yang kamu gunakan.

Setelah mendownload driver yang kamu butuhkan, perhatikan cara dibawah ini untuk melakukan proses update secara manual.

  1. Buka Start
  2. Ketikkan Device Manager pada kolom pencarian windows
  3. Buka Driver yang ingin kamu update
  4. Klik kanan lalu pilih Update drivercara update driver windows melalui device manager
  5. Lalu pilih Browse my computer for driver softwareCara manual update driver melalui device manager
  6. Klik Browse
  7. Pilih file driver yang telah kamu download sebelumnyaCara manual 2 update driver melalui device manager
  8. Klik Next
  9. Selesai

Jika kamu bertanya-tanya, kenapa update driver harus melalui device manager? Kan bisa install secara langsung dengan klik dua kali pada driver yang telah didownload? Hal inilah yang menyebabkan crash pada windows. Fitur device manager ini memudahkan sistem windows untuk mengenali driver yang cocok untuk diinstall. Jika driver yang di pilih tidak memiliki kecocokan dengan hardware, maka proses penginstalan akan gagal. Beda lagi jika kamu menginstall driver yang telah didownload dengan cara klik dua kali, proses penginstalan akan tetap dilanjutkan meskipun driver nya tidak cocok. Hal inilah yang menyebabkan kerusakan pada wndows.

Saya sendiri pernah mengalami blank layar karena kesalahan dalam menginstall driver VGA, jadinya harus install ulang lagi deh untuk mengatasi masalah tersebut, repot kan?

Lalu bagaimana jika driver yang kamu butuhkan tidak tersedia pada link di atas? Saya tidak menyarankan kamu untuk mendownload driver pada situs pihak ketiga selain link official diatas. Dikhawatirkan akan terjadi kerusakan pada OS windows karena kesalahan dalam menginstall driver yang tidak didukung.  Namun jika kamu terpaksa mendownload driver dari pihak ketiga dikarenakan driver pada situs resmi tidak tersedia, maka tetap menginstall driver tersebut dengan cara ini (manual). Bukan tanpa alasan, metode ini adalah cara aman untuk menghindari kerusakan pada windows karena driver yang tidak support.

Cara Update Driver Windows melalui Windows Update

Fitur ini cuma tersedia bagi pengguna windows 10, menurut saya ini cara yang paling mudah untuk menginstall atau memperbarui driver windows. Nah bagi kamu yang belum mengupdate versi windows, saya sangat menyarankan untuk menggunakan windows 10. Apalagi sekarang Microsoft telah merilis versi Windows 10 Fall Creators Update sejak empat bulan yang lalu. Jika kamu ingin mengupgrade ke fall creators, silakan klik link dibawah ini.

Windows 10 Fall Creators Update: Fitur Baru dan Cara Install

Metode yang akan kita terapkan ini juga membutuhkan koneksi internet seperti metode sebelumnya.

  1. Buka Start
  2. Buka Settings
  3. Klik Update & Security
  4. Klik Windows Update
  5. Klik Check for updatesCara update driver windows melalui windows update

Kamu akan melihat daftar driver yang tersedia untuk diinstall atau diperbarui. Lalu klik Install Now dan tunggu sampai selesai, nanti sistem akan melakukan restart agar driver bisa berjalan dengan sempurna.

Cara Update Driver Graphic pada Windows

Sebenarnya cara diatas telah cukup untuk menginstall driver graphic pada windows. Namun cara ini opsional bagi kamu yang tidak mendapatkan update VGA setelah menggunakan cara tersebut. VGA merupakan driver yang sangat krusial pada OS apapun yang kita gunakan. Jika kamu gamer pasti sudah tidak asing dengan istilah Nvidia atau Radeon. Nah salah satu driver pengolah grafis inilah yang dibutuhkan pada OS untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Kamu dapat memperbarui driver VGA secara langsung melalui menu control panel software berdasarkan brand yang kamu gunakan seperti AMD, Nvidia, dan Intel.

Download salah satu aplikasi dibawah ini:

Nvidia GeForce Experience (pengguna Nvidia)

AMD Radeon Software Adrenalin Edition (pengguna AMD)

Intel Driver & Support Assistant (pengguna Intel)

Software ini memudahkan kamu untuk memeriksa driver VGA yang tersedia secara otomatis. Jika ada versi baru yang tersedia, kamu tinggal menginstall nya secara langsung.

Memastikan Driver telah diperbarui

Setelah kamu melakukan update driver dengan salah satu cara diatas, kamu dapat memastikan apakah driver sudah terinstall. Cara ini dapat di cek melalui menu Device manager.

  1. Buka Device Manager
  2. Klik pada driver yang ingin di cek
  3. Pilih Properties
  4. Klik tab driverCara memastikan driver windows terbaru

Disini kamu dapat melihat informasi pada ‚ÄúDriver Date‚ÄĚ dan ‚ÄúDriver Version‚ÄĚ. Jika versi driver dan tanggal yang ditampilkan menjadi lebih baru dari sebelumnya, maka kamu telah berhasil mengupdate driver windows.

Kesimpulan

Driver merupakan suatu file yang digunakan untuk menjalankan fungsi hardware pada suatu sistem operasi. Tanpa driver kamu tidak bisa mengoptimalkan kinerja hardware dengan baik. Cara yang saya paparkan diatas adalah cara install dan update driver secara baik dan benar pada windows.

Kamu punya ide lain untuk mengupdate driver dengan cara baik dan benar? Tambahkan tips nya di kolom komentar ya! Bila setelah mengikuti salah satu langkah diatas namun belum berhasil juga, silakan diskusikan juga di form komentar. Good luck windows user!

Related Posts

Add Comment