10 Jam Rilis, FIFA 18 Dibajak Steampunks

Seminggu yang lalu kita dihebohkan dengan berita runtuhnya denuvo pada pes 2018. Hari ini kembali dikejutkan dengan berita yang tak terduga sama sekali.

Pesaing utama pes 2018 pada game sepakbola, FIFA 18, hari ini juga mengalami pembajakan. Beda halnya dengan pes, sistem proteksi pada fifa sendiri dibajak oleh pihak steampunks.

Hal serupa juga terjadi pada seri sebelumnya. Pes 2017 dibajak pihak CPY dan FIFA 17 dibajak pihak steampunks. Seolah kedua “pembajak” ini mempunyai keahlian sendiri dalam hal cracking. Perlu diketahui bahwa kedua game yang telah lama menguasai dunia gaming ini sama-sama menggunakan sistem proteksi denuvo pada seri game tahun 2018.

Berkaca pada kasus pembajakan pada seri fifa terdahulu, kabar ini tentu mengejutkan kita semua. Karena untuk membajak game sekelas fifa, para cracker membutuhkan waktu yang tidak cepat. Sangat kontras apa yang terjadi pada FIFA 18 kali ini. Belum genap berusia sehari, FIFA 18 telah bisa dijajal oleh siapapun tanpa membeli lisensi dari pihak EA.

Fitur PES 2018 Vs FIFA 18

Membandingkan antara kedua fitur pada game ini bukanlah hal baru untuk dilakukan. Pada setiap tahunnya, tak sedikit gamer yang melakukan penelitian untuk mendapatkan hasil yang terbaik di antara keduanya. Fitur yang diusung FIFA terkesan lebih realistis dibandingkan PES pada setiap tahunnya.

Ini bisa dibuktikan dengan adanya handball, cat sempot pada free kick, dan adanya instruksi pelatih di pinggir lapangan. Namun bila berbicara kemiripan wajah, PES jauh lebih unggul dibandingkan FIFA dari tahun-ketahun.

Tidak hanya itu saja, EA dan Konami sepertinya terus menggencarkan penjualannya. Bagaimana tidak, sudah terlihat jelas persaingan bisnis diantara keduanya. Pada opening PES 2018, anda bisa melihat dengan jelas bagaimana tulisan “mes que un club” terpampang pada layar konsol atau PC. Begitu juga dengan FIFA 18, akun resmi Instagram Real Madrid pun ikut mempromosikan game besutan EA, salah satu pemain andalan mereka Ronaldo menjadi cover dari FIFA 18.

Bisa dikatakan FIFA 18 dan PES 2018 el clasico-nya dunia gaming

Seminggu yang lalu muncul persepsi dari para gamer, jika CPY adalah utusan FIFA untuk membajak PES. Nah sekarang apakah steampunks bisa dikatakan utusan dari FIFA? Jawab di kolom komentar ya!

Tags:

Related Posts

Add Comment