Hari Pancasila, Pangdam IM Beri Tausiyah di MRB

BANDA ACEH – Bertepatan dengan peringatan Hari Pancasila tanggal 1 Juni 2017, Mayjen TNI Moch Fachrudin yang merupakan Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) berkesempatan memberi tausiyah ramadhan sebelum pelaksanaan Shalat Tarawih berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman (MRB).

Pangdam IM saat menyampaikan tausiyah di MRB

Pada kesempatan tersebut Ia menyampaikan tausiyah dengan tema “Menjaga Keutuhan Bangsa”. Tausiyah dimulai dengan penjelasan mengenai sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Sila ini mengandung makna toleransi, yaitu dengan menjalani keyakinan masing-masing dan menghargai keyakinan orang lain. Kemudian Ia juga mengutip Q.S. Al-Hujurat Ayat 13 yang menjelaskan bagaimana menyikapi keberagaman yang merupakan sunnatullah. Ayat tersebut mengandung pelajaran bahwa perbedaan itu  akan menjadi indah apabila kita menerima segala perbedaan yang ada, baik beda pemahaman, beda pendapat, beda budaya, beda bahasa, maupun perbedaan lainnya.

Di masjid kebanggaan masyarakat Aceh tersebut, Ia juga menuturkan bahwa Bulan Ramadhan ini dapat  menjadi momentum dalam meyakini bahwa Allah telah memilih bangsa yang menempati bumi Indonesia, dengan segala keanekaragamannya untuk mampu menjadi makhluk Allah yang menebar kebajikan guna mencapai ketakwaan yang hakiki. Dengan demikian, menjaga keutuhan bangsa menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara terutama bagi umat islam yang telah berkomitmen untuk memperjuangkan NKRI dengan nilai ketakwaan.

Pada akhir tausiahnya Ia mengingatkan kepada seluruh jamaah yang hadir supaya dapat menyikapi segala fenomena dengan arif dan bijak. “Saya mengingatkan kepada kita semua agar dapat menyikapi beberapa fenomena yang muncul akhir-akhir ini hendaklah dengan arif dan bijaksana, kita awali dengan koreksi menjaga diri sendiri dan keluarga. Mari membangun takwa dalam berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai ini.” Tegasnya.

Related Posts

Add Comment