MacOS Catalina: Fitur, Tanggal Rilis, dan Perangkat yang Didukung

Apple resmi memperkenalkan OS terbarunya, Catalina bagi platform MAC atau dikenal dengan versi macOS 10.15 pada event WWDC 2019 yang berlangsung pada 3-7 juni di california, US. Tidak hanya catalina, OS baru juga diusung untuk produk iPad yang selama ini menggunakan sistem operasi iOS. Apple memanggilnya dengan nama iPadOS.

Lalu apa saja kelebihan macOS catalina dibandingkan dengan sistem operasi terdahulu? Dilansir dari techradar, catalina memiliki beberapa fitur unggulan seperti sidecar, voice control, dan fitur find my.

Tanggal rilis macOS Catalina

Pada ajang WWDC 2019, apple menjanjikan macOS 10.15 akan rilis pada musim gugur tahun ini. Jika ditelusuri lebih lanjut berdasarkan musim yang ada di amerika, hal ini akan bertepatan dengan Q3 2019. Ya Q3 pada tiap tahunnya terjadi pada akhir bulan september, sama seperti waktu perilisan macOS Mojave pada tahun lalu. Akan tetapi jika kamu sudah tidak sabar ingin merasakan sensasi dan pengalaman dari OS terbaru apple ini, jangan khawatir, kamu bisa mencoba versi beta nya melalui postingan selanjutnya pada blog ini, tungguin ya!

Cara install MacOS 10.15 Catalina Beta melalui usb driver

Fitur MacOS Catalina

Seperti yang sudah kita siggung diatas, ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan apple dan juga ada fitur yang akan dihilangkan pada OS ini. Apple mengkonfirmasi bahwa akan menghapus fitur iTunes dan menggantinya dengan Apple music, Apple Podcast, dan Apple TV.

Apple Music

Aplikasi ini tidak berbeda jauh dengan music player pada umumnya, dimana pengguna macOS dapat memutar musik yang tersimpan pada perpustakaan musik, partisi komputer, maupun musik yang telah diunduh melalui streaming. Apple music juga memungkinkan penggunanya untuk memutar audio dari kepingan cd/dvd.

Apple Podcast

Akan ada penambahan podcast sebanyak 700,000 layanan serta pembaruan setiap episode pada antarmuka macOS. Versi podcast ini mengalami peningkatan pada fitur pencarian yang mana setiap episode bisa ditarik oleh host maupun guest/tamu.

Apple TV

Pengguna disuguhi lebih dari 100,000 siaran pada iTunes movies dan layanan TV yang dapat dinikmati dengan cara membeli atau menyewa siaran yang diinginkan. Mengapa layanan ini harus berbayar? Jangan khawatir, kita sering mendengar istilah “ada harga ada barang”. Semua konten yang disajikan akan tersedia dalam format video 4K HDR dan dengan kualitas audio Dolby Atmos. Tidak sabar menunggu fitur ini? Saya juga!

Sidecar

Fitur sidecar ini membuat para pengguna bisa memunculkan layar MAC ke iPad, apple mengusung fitur ini karena banyak pengguna macbook juga merupakan pengguna iPad. Sidecar dikabarkan dapat digunakan melalui sambungan kabel maupun nirkabel.

Jika fitur ini dapat terwujud dan berjalan dengan sempurna, maka bukan tidak mungkin jika pengguna macbook tidak sabar ingin menikmati OS catalina secara keseluruhan. Sampai saat ini belum dikabarkan iPad apa saja yang akan mendukung sidecar untuk menampilkan layar MAC, akan tetapi diduga kuat bahwa fitur sidecar akan berjalan pada iPad dengan sistem operasi iPadOS.

Adapun fungsi yang paling penting dari fitur ini adalah iPad dapat digunakan sebagai tablet gambar dengan berbagai aplikasi dukungan seperti:

  • Adobe: After Effects, Illustrator, Premiere Pro
  • Affinity Designer & Affinity Photo
  • Cinema 4D
  • CorelDRAW
  • DaVinci Resolve
  • Final Cut Pro & Motion
  • Maya
  • Painter
  • Principle
  • Sketch
  • Substance Designer & Painter
  • ZBrush

Voice Control

Jika kita sudah familiar dengan Siri, maka voice control ini adalah versi pengembangannya. Memiliki fungsi yang sama yaitu pengguna dapat menjalankan perintah pada macOS melalui suara. Akan tetapi apple menjanjikan bahwa voice control memiliki tingkat pengontrolan yang lebih mendalam dibandingkan dengan Siri.

Screen Time

Screen Time merupakan fitur yang telah diluncurkan sebelumnya pada iOS 12, mengalami feedback positif dari pengguna, akhirnya apple membawa screen time ke macOS catalina. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk membatasi aktivitas penggunaan perangkat dalam waktu yang telah ditentukan. Tentunya fitur ini bermanfaat bagi orang tua yang tidak menginginkan anaknya terus-terusan bermain gadget hingga lupa waktu.

Find My

Sebenarnya fitur ini adalah perpaduan dari aplikasi Find My iPhone dan Find My Friends. Sekarang macbook dapat difungsikan sebagai hardware yang akan menyiarkan informasi pada perangkat apple lainnya yang telah dihunungkan sebelumnya. Dengan adanya Find My pada os catalina, kita dapat menemukan perangkat iPad maupun iPhone dengan mudah meskipun dalam keadaan offline.

Perangkat yang Mendukung macOS Catalina

Setelah membicarakan fitur unggulan yang akan meluncur pada catalina, rasanya belum lengkap jika kita tidak membicarakan perangkat yang bisa menggunakan macOS Catalina.

Populer : Cara install driver windows

  • 12-inch MacBook (2015 dan seterusnya)
  • MacBook Air (tahun 2012 dan seterusnya )
  • MacBook Pro (tahun 2012 dan seterusnya )
  • Mac mini (tahun 2012 dan seterusnya )
  • iMac (tahun 2012 dan seterusnya )
  • iMac Pro (tahun 2017)
  • Mac Pro (tahun 2013 dan seterusnya )

Nah demikianlah sedikit ulasan tentang OS penerus macOS Mojave besutan apple, berikan komentar jika ada kesalahan informasi mengenai ulasan diatas, penulis juga manusia biasa yang tidakluput dari kesilapan hehe.

Sumber: TechRadar, wccftech

Berikan Rating ?

Related Posts

Add Comment