Memperbaiki Beberapa Masalah pada Windows 10 May 2019

Microsoft meluncurkan pembaruan besar-besaran pada windows 10 beberapa waktu lalu yang mereka sebut dengan nama update May 2019 atau dikenal dengan versi windows 10 1903.

Apakah versi ini sempurna? Saya sendiri sebagai pengguna setia windows 10 merasakan kenyamanan yang luar biasa di sisi UX dan performa yang memuaskanMulai dari booting windows yang ditingkatkan dengan waktu yang cepat dan pengolahan grafis yang tergolong smooth.

Meskipun juga dalam beberapa hari yang lalu saya mengalami permasalahan pada audio driver windows 10, dimana saya tidak bisa mendengarkan audio dari video yang saya putar di youtube maupun melalui aplikasi pemutar musik bawaan windows 10.

Cara mengatasi audio driver tidak terdeteksi pada Windows 10 May 2019

Permasalahan ini tentunya tidak dialami oleh semua pengguna windows 10 May 2019. Setelah saya berdiskusi di forum windows indonesia, ternyata kendala pada audio driver setelah update ke versi windows 1903 hanya dialami oleh beberapa pengguna yang menggunakan laptop/PC jadul seperti saya.

Hal ini tidak mengherankan karena wajar apabila teknologi terbaru dipadukan dengan perangkat yang sudah tergolong outdated (jadul). Lalu bagaimana saya mengatasi masala ini?

Sebenarnya kita hanya perlu menyesuaikan driver audio sesuai dengan driver yang tertanam pada laptop/PC yang kita gunakan. Dengan kata lain, kita harus mengupdate driver tersebut agar kembali berjalan dengan lancar dan mengatasi masalah audio tidak bunyi pada windows 10 May 2019.

Untuk tutorial mempebarui driver windows 10 dapat kamu temukan pada postingan saya sebelumnya:

Hindari Error! Begini Cara Update Driver Windows yang Baik dan Benar

Tidak semua partisi muncul pada menu pengaturan

Mungkin bagi beberapa pengguna tidak mempermasalahkan hal ini. Partisi windows bisa dimunculkan secara langsung pada menu windows explorer windows. Akan tetapi untuk pengguna seperti saya yang hobi menjelajah berbagai menu dihantui dengan rasa penasaran.

Pada versi windows 1809, kita bisa melihat statistik semua partisi pada pengaturan, mulai dari data yang digunakan pada folder documents, downloads, pictures, videos, dan partisi diluar sistem windows. Akan tetapi pada versi 1903 ini kita sama sekali tidak akan menemukan rincian data seperti itu di menu settings – storage.

Nah untuk mendapat rincian secara detail tentang penggunaan storage pada windows 10 may 2019 kita dapat melakukan langkah berikut:

  1. Buka menu Settings.
  2. Klik System.
  3. Klik Storage.
  4. Dibawah More storage settings, klik View storage usage on other drivers.
Ini hasilnya

Driver Brightness/kecerahan layar tidak berfungsi

Beberapa driver berbasis intel mengalami masalah pada kecerahan layar, dimana kita tidak dapat mengatur kecerahan/brightness meskipun driver VGA telah terinstal dengan tepat. Hal ini telah diperbaiki dengan patch KB4505057 yang kita dapatkan melalui windows update.

Duplikat folder pada profil pengguna

Masalah selanjutnya pada pembaruan Mei 2019 di mana jika folder tertentu (mis. Folder Desktop, Dokumen, atau Gambar) dialihkan, folder kosong dengan nama yang sama dapat dibuat. Hal ini telah diperbaiki dengan patch KB4505057 oleh microsoft.

Ketidakcocokan driver AMD RAID

Pengguna AMD RAID dengan versi tertentu akan mengalami kendala saat melakukan update ke versi may 2019. Proses instalasi akan terhenti secara tiba-tiba ketika proses pembaruan. Hal ini telah diperbaiki dengan patch KB4505057.

Gagal instal windows 10 dengan USB

Ketika beberapa waktu lalu windows 10 may 2019 belum dirilis secara publik, akan tetapi sudah bisa didownload dari situs pihak ketiga, kita akan mengalami pesan error “This PC can’t be upgraded to Windows 10.”  saat akan menginstal menginstal windows melalui USB flashdisk atau DVD-R.

Akan tetapi masalah ini telah diatasi dengan adanya patch pembaruan
KB4505057.

Error 0x80190001, 0x80073712, dan 0x80245006

Jika kamu mengalami salah satu dari tiga pesan error diatas, itu artinya kamu perlu menambah kapasitas partisi system (Local disk C) untuk melanjutkan penginstalan.

  1. Buka menu Settings
  2. klik System
  3. pilih Storage
  4. pada bagian Storage sense, klik Free up space now
  5. Seleksi file yang akan dihapus
  6. Pastikan Temporary Windows installation files’ dan ‘Windows Setup temporary files’ terhapus
  7. Buka windows update dan lakukan pembaruan

Sebagian antivirus harus dimatikan

Saya tidak mengerti mengapa microsoft tidak membolehkan sebagian antivirus tetap hidup ketika akan melakukan pembaruan ke versi windows 10 1903 (update may 2019). Beda halnya dengan antivirus bawaan OS windows, Windows Defender .

Nah jika kamu yang saat ini sedang berada pada windows 10 1803 atau versi lain dibawahnya, dan menginstal antivirus selain windows defender, ada baiknya matikan terlebih dahulu antivirusnya demi kelancaran proses update ke windows 10 versi 1903 ya.

Cara mengatasi error 0x800F0922

Jika kamu mendapati kode error 0x800F0922 ketika akan memperbarui ke Windows 10 May 2019, ini menandakan bahwa ada aplikasi VPN yang saat ini aktif pada device kamu. Cara mengatasinya cukup matikan aplikasi VPN yang aktif dan kode error ini tidak akan mucul ketika kita melakukan pembaruan melalui windows update.

Cara mengatasi error 0x8007025D – 0x2000C

Kode error ini muncul karena file ISO yang kamu gunakan mengalami corrupt. Penyebab file corrupt bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya ketika proses download file iso kita terlalu serinng menjeda/pause file download tersebut. Cara mengatasinya? Kamu cukup melakukan download ulang file ISO nya dari awal, dan saran saya jangan melakukan jeda/pause terlalu sering. klik link dibawah untuk mendownload file iso windows 10 update may 2019 melalui direct link.

Atasi error update windows 10 1903 melalui CMD

Jika kamu sudah melakukan semua tips diatas dan masih juga mengalami error tanpa tahu penyebab secara pasti, kamu bisa melakukan perintah reset update melalui cmd.

  1. jalankan CMD dengan run as admnistrator
  2. Jalankan satu-persatu perintah ini (setelah penulisan 1 baris tekan enter)
net stop wuauserv
net stop bits
net stop cryptsvc
Ren %systemroot%\SoftwareDistribution\SoftwareDistribution.bak
Ren %systemroot%\system32\catroot2 catroot2.bak
net start wuauserv
net start bits
net start cryptsvc

Restart dan lakukan pembaruan kembali melalui windows update.

Nah demikianlah beberapa masalah yang sering muncul pada update windows 10 1903 (update may 2019). Jika kamu memeiliki masalah lainnya seputar update ini, mari diskusikan di kolom komentar.

Berikan Rating ?

Related Posts

Add Comment