PES 2018: CPY Kembali Runtuhkan Denuvo

Belum genap sebulan sejak tanggal perilisan, PES 2018 yang merupakan produk unggulan KONAMI resmi dibajak. Pihak yang merugikan perusahaan asal Jepang ini tak lain adalah CPY. Sama halnya dengan PES 2017, CPY seolah tidak kehabisan akal untuk terus menumbangkan proteksi Denuvo.

Pasalnya, sistem proteksi yang disebut “V4.6” ini digadang-gadang menjadi proteksi canggih dan mengalami tingkat peningkatan untuk melindungi game dari aktivitas cracking. Tercatat seminggu sejak perilisan, tidak ada tanda-tanda PES 2018 akan dibajak oleh cracker.

Namun kembali merujuk pada slogan hacker, “No System is Safe” . Secanggih apapun pengamanan yang diterapkan Denuvo, CPY lebih mahir dalam urusan cracking. CPY bukanlah pemain baru dalam dunia cracking, mereka tercatat sangat sukses dalam pekerjaannya.

Akhirnya, tepat pada usia 9 hari PES 2018 bajakan muncul ke ranah dunia gaming. Denuvo yang ditanam didalamnya pun tumbang dan mengalami keruntuhan.

Baca Juga: Baru 10 Jam Rilis, Fifa 18 Dibajak

Game-game populer menjadi sasaran CPY. Kita telah ditunjukkan bagaimana Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dan PES 2017 dibajak dalam waktu singkat. Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Denuvo.

Konami tentunya akan berpikir dua kali bila hal ini terus berlanjut. Dan bisa dikatakan untuk waktu yang akan datang, Denuvo akan diragukan oleh developer yang bergelut di dunia gaming.

Maka tak heran bila CPY disebut sebagai “dewi fotuna” bagi gamer tani (istilah untuk gamer pecinta game bajakan). Kini game yang mengusung slogan Where Legends Are Made itu bebas didownload dan dimainkan oleh siapa saja tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun.

Harga Jual Mahal

Dari segi finansial sendiri, PES 2018 dijual dalam 2 versi unggulan, yakni Pro Evolution Soccer 2018 dan Pro Evolution Soccer 2018 Barcelona Edition. Untuk mendapatkan lisensi original dari Konami kita harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 800.ooo,- Wow harga yang fantastis bukan?

harga pes 2018

Harga PES 2018

Akan tetapi saya menyarankan agar anda membeli PES 2018 jika mempunyai uang lebih. Karena hak cipta sudah sepatutnya dihargai. Lagipula kita juga bisa membandingkan kelebihan fitur game original dibandingkan dengan versi bajakan.

Tags:

Related Posts

Add Comment