Inilah Urutan Versi Android dari Awal sampai Oreo

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, Android menjadi salah satu sistem operasi yang paling populer di dunia. OS hasil rancangan raksasa Google ini telah membius banyak pengguna smartphone untuk menggunakan Sistem Operasi yang sering mengambil nama cemilan itu.

Mulai dikenalkan sejak 2008, Android terus mempertahankan elektabilitasnya untuk bersaing di pasar teknologi. Berdasarkan data yang dihimpun oleh International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa Android memiliki pengguna yang jauh lebih banyak dibandingkan pesaingnya, iOS.

Kepopuleran Android

Dengan perolehan 82,8 persen pengguna di seluruh dunia membuat Android jauh mengungguli iOS yang hanya memperoleh 13,9 persen saja. Mengingat Android bisa digunakan oleh perusahaan apa saja, hal ini akan terus meningkatkan kepopulerannya di dunia pasar.

Bahkan perusahaan sebesar Nokia juga menjatuhkan pilihannya kepada Android dalam beberapa bulan lalu. Nokia yang sebelumnya menggunakan OS Microsoft Windows pada smartphone andalannya Lumia, akhirnya mengakui kelebihan Android dan menggunakan jasanya pada smartphone keluaran terbaru.

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan segala kelebihan fitur yang dimiliki Android telah menempatkannya dalam OS populer dunia dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun dalam hal keamanan iOS dianggap lebih unggul dari Android.

Namun tahukah Kamu apa saja urutan versi Android dari masa ke masa? Mungkin juga Kamu dibuat penasaran dengan namanya yang unik. Nama Android sendiri diambil dari nama cemilan atau makanan pencuci mulut. Sangat iseng bukan? Sampai saat ini OS robot hijau ini telah memiliki 7 versi yang telah dirilis. Dan yang paling ditunggu kehadirannya sampai saat ini adalah Android generasi ke-8, Oreo.

Oke langsung saja kita berkenalan dengan nama-nama Android yang super kece, cekidot

1. Android 1.0

Android 1.0

Android 1.0

Platform Android pertama kali diluncurkan pada September 2008, meskipun setahun sebelumnya Google telah merilis versi beta yang diperkenalkan kepada khalayak ramai. Android versi pertama dikenal dengan julukan Android 1.0 (android one). Saat itu Google belum menamainya dengan nama pencuci mulut.

2. Cupcake 1.5

Android cupcake 1.5

Android cupcake 1.5

Baru pada April 2009 Google memakai nama cemilan untuk pertama kali pada versi android. Penulis juga belum mengetahui secara jelas siapa pencetus ide ini. Yang jelas sampai hari ini Android akan terus diperbarui dengan nama dessert. Lalu kenapa namanya Cupcake? Konon katanya Cupcake merupakan seri ketiga dari versi android. Sudah tahukan kenapa dimulai dengan huruf C?

3. Donut 1.6

Android Donut 1.6

Android Donut 1.6

Tidak kehabisan ide, Android melanjutkan penamaan dengan nama kue Donut. Donut 1.6 ini sendiri dirilis pada 15 September 2009. Sekitar 5 bulan setelah versi Cupcake dirilis.

4. Eclair 2.0-2.1

Android Eclair 2.0-2.1

Android Eclair 2.0-2.1

Pada seri selanjutnya, lanjutan dari huruf D tentunya Google harus menamainya dengan awalan huruf abjad E. Maka pada tanggal 9 desember 2009 lahirlah OS Eclair 2.0-2.1. Oh ya, Eclair itu jenis kue apa ya? mungkin teman-teman bisa bantu jawab di kolom komentar, hehe.

5. Froyo 2.2

Android Froyo 2.2

Android Froyo 2.2

Lima Bulan setelah perilisan Eclair, Android versi terbaru kembali lahir pada 20 Mei 2010. Google menamainya dengan Froyo. Nama Froyo ini diambil dari singkatan frozen yogurt. Pada android versi ini mulai dilengkapi dengan fitur friendly user seperti opsi untuk mematikan akses data pada jaringan seluler.

6. Gingerbread 2.3-2.3.7

Androd Gingerbread 2.3-2.3.7

Androd Gingerbread 2.3-2.3.7

Masih dengan urutan Abjad, Gingerbread diperkenalkan pada tanggal 6 Desember 2010.  Fitur andalan dari Gingerbread sendiri tidak tersedia pada versi sebelumnya. Dengan adanya aplikasi download manager memungkinkan pengguna untuk mengunduh file secara langsung dari internet.

Disamping itu, versi Android ini sudah support multi kamera. Untuk selanjutnya, proses perbaikan pada versi ini terus diperbarui. Terakhir Gingerbread dirilis pada 21 september 2011 dengan versi 2.3.7 dan memiliki kinerja yang lebih optimal dari versi Android sebelumnya.

7. Honeycomb 3.0-3.2

Android Honeycomb 3.0-3.2

Android Honeycomb 3.0-3.2

Honeycomb versi 3.0 dirilis pada 22 Februari 2011. Pembaruan ini ditujukan untuk tablet yang menggunakan platform Android. Baru kemudian pada Mei 2011 Honeycomb versi 3.1 diperkenalkan pada publik. Jika kamu sering main game di Android dengan joystick, cukup dengan menginstal android honeycomb agar bisa terkoneksi dengan gamepad.

Untuk versi 3.2 dirilis pada 15 Juli 2011 yang memiliki fitur unggulan dalam perbaikan bug dan keamanan, stabilitas, dan peningkatan kinerja Wi-Fi pada OS Android.

8. Ice Cream Sandwich 4.0-4.0.4

Android Ice Cream Sandwich 4.0-4.0.4

Android Ice Cream Sandwich 4.0-4.0.4

Android Ice Cream Sandwich 4.0 dirilis pada 19 oktober 2011. Penambahan mode buka kunci dengan identifikasi wajah pertama kali diususng pada versi ini, fitur yang bisa dibilang sangat keren untuk sebuah smartphone. Kemudian dari sisi browser bawaan Chrome, mampu memuat halaman hingga 16 tab.

Berselang dua bulan kemudian, Ice Cream Sandwich kembali dikembangkan dengan sejumlah perbaikan bug didalamnya. Seperti fitur baru pada kamera untuk meningkatkan fokus pada mode video recorder. Tidak hanya sampai disitu, pengembangan dari versi ini terus berlanjut.

Tepatnya pada 2 Maret 2012 versi 4.0.4 diperkenalkan dengan kecanggihan yang semakin mumpuni. Antara lain perubahan yang diusung meliputi peningkatan fitur untuk mengidentifikasi nomor telepon.

9. Jelly Bean 4.1.x-4.3.x

Android Jelly Bean 4.1.x-4.3.x

Android Jelly Bean 4.1.x-4.3.x

Android versi Jelly Bean yang pertama diluncurkan tepat 9 Juli 2012.  Pada versi 4.1, penguuna sudah mendapatkan fitur untuk mematikan notifikasi yang dianggap mengganggu pada aplikasi tertentu.

Dua minggu sejak perilisan tersebut muncullah Android Jelly Bean 4.1.1 dan ditingkatkan kinerjanya pada Oktober 2012 dengan versi 4.1.2. Adapun perbaikan pada versi ini adalah penambahan fitur gerakan satu jari untuk menampilkan/menyembunyikan notifikasi.

Tak hanya sampai pada versi 4.1, Jelly Bean dikembangkan sampai dengan versi 4.3. Untuk perilisan versi 4.2 sendiri dijadwalkan pada 29 Oktober 2012, akan tetapi rencana Google ini batal terlaksana akibat “badai sandi” yang terjadi pada waktu itu.

Sehingga peluncuran tersebut dilaksanakan pada 13 November tahun 2012.
Pada versi 4.2 Android dikembangkan sampai dengan Jelly Bean 4.2.2 dan diikuti dengan pembaruan 4.3 pada Juli 2013.

10. KitKat 4.4

Android Android KitKat 4.4

Android Android KitKat 4.4

Android KitKat dirilis pada 31 Oktober 2013 dan menjadi salah satu versi Android yang paling disukai oleh pengguna Smartphone di dunia. Mengapa demikian? KitKat memiliki fitur yang istimewa dari OS Android sebelumnya. Adanya optimasi kinerja untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.

Dengan hal ini tentu akan lebih menghemat RAM serta baterai dari pengguna Android.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh statista pada September 2016, KitKat menempati peringkat teratas untuk kategori penggunaan versi Android terbanyak di dunia. Mencapai angka 27,7% dari total pengunaan platform Android.

Jumlah pengguna Android 2016

www.statista.com

11. Lollipop 5.0

Android Lollipop 5.0

Android Lollipop 5.0

Android 5.0  atau yang lebih dikenal dengan nama Lollipop pertama kali diperkenalkan pada 25 Juni 2014. Bertepatan dengan momen tersebut, beragam hasil produk teknologi dari Google juga diperkenalkan. Antara lain Android TV dan platform pelacakan kesehatan Google Fit.

Yang patut diapresiasi dari Android versi Lollipop adalah adanya penanaman fitur ‘factory reset protection’. Fitur ini berguna untuk perlindungan factory reset, dimana pengguna akan dimintai password ketika Android akan di reset.

12. Marshmallow 6.0

Android Marshmallow 6.0

Android Marshmallow 6.0

Sistem proteksi Android dengan metode sidik jari pertama sekali dirancang pada OS Android Marshmallow. Pengunaan proteksi sidik jari pada Android M ini bisa digunakan untuk proses otentikasi Play Store dan pembelian dengan sistem Android Pay. Disamping itu, sidik jari banyak digunakan oleh pengguna Marshmallow untuk membuka kode kunci dengan cepat tanpa harus mengetikkan password pada layar smartphone.

13. Nougat 7.0

Android Nougat 7.0

Android Nougat 7.0

Saya termasuk salah satu pengguna Nougat, sejauh ini saya merasa sangat puas dengan versi Android ini. Hal yang belum pernah saya temukan pada OS Android sebelumnya. Mode multitasking membuat para pengguna bisa menjalankan 2 aplikasi dalam 1 layar. Sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menjalankan aplikasi yang kamu butuhkan.

Selain itu, kecepatan untuk moving dari satu layar ke layar lainnya sangat smooth dan responsif bagi pengguna. Jika kamu belum pake Nougat, segera upgrade sekarang dan rasakan kecanggihannya.

14. Oreo 8.0

Android Oreo 8.0

Android Oreo 8.0

Meskipun sampai sekarang belum resmi dirilis oleh Google, Android versi 8.0 diprediksi akan dilahirkan dengan nama Android Oreo. Mengingat Google akan meluncurkan android berikutnya dengan awalan huruf O (berdasarkan huruf abjad).

Disamping itu, muncul suatu bocoran beberapa waktu lalu dari Senior VP Android, Hiroshi Lockheimer, lewat tweet nya @lockheimer mengunggah GIF dengan gambar kue dari susunan Oreo.

Namun ini hanya rumor yang beredar di dunia maya. Bisa jadi Google akan meluncurkan Android 8.0 dengan nama yang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Kita tunggu saja gebrakan hebat dari raksasa Google dalam memperjuangkan Android sebagai OS terpopuler di dunia versi smartphone.

Sudah tahukan maksud dari penamaan urutan Android? Jika kamu punya masukan atau merasa ada yang kurang pada artikel ini, silakan ditambahin di kolom komentar ya!

Tags:

Related Posts

Add Comment