Zimbabwe: Negara Berlian yang Miskin

Banyak bongkahan berlian di zimbabwe, warganya kesulitan bayar ongkos bis

Pernah dengar tentang negara zimbabwe sebelumnya? Dulunya Zimbabwe adalah negara kaya raya dengan hasil alam yang menggiurkan berupa berlian yang tersebar hampir di semua titik pada negara tersebut.

Tidak hanya di sektor pertambangan, hasil pertanian nya juga melimpah ruah tanpa takut dengan kelaparan yang melanda masyarakat di negara tersebut.

Namun hal itu berbanding terbalik dengan keadaan saat ini. Perekonomian kian hancur dan rakyatnya kelaparan. Zimbabwe dicap sebagai negara termiskin dalam beberapa tahun terakhir.

Mengapa keterpurukan ini terjadi di Zimbabwe? Pakar politik dari berbagai dunia menyalahkan pemerintahan Zimbabwe sendiri yang menyebabkan kemiskinan terjadi.

Lebih tepatnya, Mugabe lah yang patut disalahkan atas kekacauan ini. Mugabe telah dilengserkan pada November 2017 dan digantikan oleh presiden Emmerson Mnangagwa.

Robert Mugabe telah menguasai Zimbabwe selama empat dekade. Awalnya kondisi negara Zimbabwe makmur dengan hasil pertanian yang menjadi mata pencaharian utama warga negaranya.

Nah dikarenakan nafsu yang berkecamuk dalam hati si Mugabe, dia telah merubah semua lahan pertanian menjadi lahan pertambangan di negara tersebut.

Perubahan lahan ini bukan tanpa tujuan, sang presiden Mugabe sudah mengetahui potensi hasil alam berupa berlian yang terdapat di negara kuasaannya itu.

Bahkan pada tahun 1992, dia mengeluarkan undang-undang tentang pembebasan lahan yang mengharuskan semua warga negaranya menyerahkan tanah kepada pemerintah.

Pada tahun 1993 dia mengusir secara paksa rakyat yang tidak menaati peraturan tersebut. Sungguh penguasa yang hanya memikirkan isi perut nya sendiri.

Alhasil, rakyat Zimbabwe kelaparan atas nafsu serakah dari seorang Mugabe. Bahkan masyarakat kesulitan untuk membayar biaya transportasi umum sewaktu mereka berangkat untuk bekerja.

Penduduk paling miskin, harga paling mahal

Dalam beberapa hari terakhir, Zimbabwe dihebohkan tentang pelarangan akses internet oleh pemerintah. Meskipun pemblokiran telah dicabut, sampai hari ini sosial media seperti Facebook, Twitter, dan aplikasi WhatsApp masih tidak bisa diakses.

Pelarangan akses internet ini dilarang disaat warga negaranya sedang melakukan aksi demo secara besar-besaran atas kenaikan harga bbm yang dinilai tidak masuk akal.

Aksi demo ini dilakukan di Harare, ibukota Zimbabwe dan di kota Bulawayo selatan menuntut pemerintah menurunkan harga bbm yang saat ini menjadi harga bbm termahal di dunia berdasarkan data dari GlobalPetrolPrices.com

harga bbm termahal

Bahan bakar bensin mengalami kenaikan di negara Zimbabwe dari harga $ 1,24 per liter menjadi $ 3,31, sedangkan harga bahan bakar diesel naik dari $ 1,36 per liter menjadi $ 3,11.

Apa penyebab pemerintah melumpuhkan semua koneksi internet di Zimbabwe? Ada indikasi yang mengisyaratkan kepada dunia bahwa pemerintah sedang membatasi informasi berkecamuk yang sedang melanda Zimbabwe.

Tujuannya apa? Masyarakat dunia tidak akan mengetahui keadaan ekonomi masyarakat Zimbabwe saat ini.

Apalagi setelah demo terjadi, asosiasi dokter mengatakan lebih dari 60 orang dirawat di rumah sakit karena luka tembak. Disamping itu, kabarnya para pendemo didatangi oleh petugas saat malam hari.

Bukannya mendengar aspirasi dari rakyat, pemerintah yang sedang berkuasa sekarang malah menyalahkan pihak oposisi yang memfasilitasi para rakyat nya untuk melakukan demo.

Berbicara tentang penyebab naiknya harga bbm, Presiden Emmerson Mnangagwa yang saat ini berada di Rusia mengatakan kenaikan ini bertujuan untuk mengurangi bahan bakar yang diperdagangkan secara ilegal.

Namun bagaimanapun juga Zimbabwe tetaplah Zimbabwe. Masyarakatnya mengalami kesulitan yang amat prah dengan kenaikan harga tersebut. Jangankan untuk memenuhi bahan bakar kendaraan, bayar ongkos bis saja sangat susah. Kekecewaan warga terhadap Mnangagwa semakin memuncak karena dinilai tidak bisa memenuhi janji politiknya setelah menggantikan Mugabe tahun lalu. Sepertinya Mugabe menurunkan titah nya kepada Mnangagwa. Tak banyak yang berubah di Zimbabwe semenjak Mugabe pergi.

Cara pemerintah mematikan koneksi internet

Jika dilihat dari pandangan teknologi, pemblokiran akses internet sangat mudah dilakukan oleh pihak pemerintah di suatu negara. Pemerintah memiliki wewenang penuh dan bertanggungjawab dalam hal ini.

Sebagai contoh, kita tinggal di negara indonesia. Pada saat kita akan mengakses situs google.com misalnya, kita terlebih dahulu melewati penyedia layanan internet atau yang dikenal dengan istilah ISP.

Oleh sebab itu, bukan pekerjaan sulit bagi pemerintah untuk memerintahkan ISP untuk mematikan akses ke situs google.

Hal inilah yang terjadi di Zimbabwe, bahkan Econet (ISP di Zimbabwe) telah mengklarifikasi hal tersebut. Econet diperintahkan untuk memblokir akses bagi pelanggannya.

Ini bukanlah kali pertama ISP diperintahkan oleh pemerintah untuk memblokir layanan internet. Peristiwa ini juga pernah terjadi di negara Brasil pada tahun 2016 dengan alasan mengatasi kriminal.

Sedangkan di Inggris, ISP dikontrol penuh oleh pemerintah untuk memblokir akses ke situs web yang menyediakan download film atau musik secara ilegal.

Lalu bagaimana cara masyarakat Zimbabwe megatasi hal tersebut? Satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah dengan cara menggunakan VPN sampai pemerintah setempat telah membuka akses internet secara penuh.

Berikan Rating ?

Tags: ,

Related Posts